Senin, 10 Juni 2013

MANFAAT OLAHRAGA FUTSAL

Olahraga futsal mulai populer di Indonesia sejak tahun 2000an. Sepak bola mini yang dimainkan di lapangan indoor ini digemari oleh kaum pria dan wanita sehingga lapangan futsal selalu ramai pengunjung sejak sore hingga malam hari.
Setiap orang selalu mendambakan Kesehatan jiwa dan raga. Tubuh sehat perlu asupan makanan bergizi, menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan makan makanan sembarang dan olahraga. Olahraga dapat menyehatkan tubuh. Tapi ingat hal ini bisa tercapai jika olahraga dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan.

7 manfaat yang bisa diperoleh dari olahraga futsal menurut pelatih futsal :

1. Keahlian Teknik (Skillful)
Permainan futsal sebetulnya sangat jauh berbeda dengan sepakbola yang dimainkan di lapangan konvensional. Jika sepakbola lebih menekankan fisik dan power, futsal lebih menekankan pada keahlian teknik khusunya teknik dasar seperti passing, dribbling, control ball (sole) dan shooting. Menurut pelatih futsal Trunajaya, Andrie Virman, Keberhasilan sebuah tim dalam futsal sangat dipengaruhi oleh kemampuan tim dalam teknik penguasaan bola dan mengoper bola dalam passing-passing pendek dan cepat.

2. Kerjasama Tim (Team Work)
Dalam permainan futsal kerjasama tim merupakan faktor yang sangat krusial untuk memenangkan suatu pertandingan. Jika di sepakbola sebuah tim bisa memenangkan pertandingan dengan one man show, namun tidak demikian dalam pertandingan futsal. Karena futsal menekankan pasing-pasing pendek dan cepat maka setiap pemain dalam satu tim harus berkontribusi. Membentuk organisasi yang rapih dan kokoh baik dalam bertahan dan menyerang membutuhkan kerjasama dari setiap pemain dalam sebuah tim.

3. Permainan Cepat (Speed)
Ciri khas lainnya dari olahraga futsal adalah permainan yang dimainkan dalam tempo tinggi dan cepat. Karena permainannya cepat maka fisik setiap pemain akan sangat menentukan keberhasilan sebuah tim untuk memenangkan pertandingan. Maka tidak heran dalam sebuah pertandingan futsal, pelatih mengganti pemain hanya dalam waktu singkat, biasanya 4-5 menit.

4. Berpikir Cepat (Quick Thinking)
Permainan futsal tidak hanya melibatkan kemampuan fisik dan pasing pendek dari kaki ke kaki. Namun kecepatan berpikir dan mengambil keputusan di saat yang tepat juga merupakan faktor yang krusial. Karena olahraga futsal dimainkan dalam tempo yang tinggi dan cepat maka setiap pemain dituntut untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan.

5. Intelegensi (Permainan Cerdas)
Futsal adalah permainan yang penuh strategi dan taktik. Dan strategi dan taktik dalam permainan futsal akan terus berkembang setiap saat. Adu strategi dan taktik antara pelatih kedua tim dalam sebuah pertandingan futsal sangat menarik ditonton.

6. Disiplin (Self-Discipline)
Futsal juga sangat membantu setiap pemain untuk meningkatkan kedisiplinan tidak hanya di dalam lapangan tetapi juga di luar lapangan. Pemain yang baik akan menjaga kedisiplinannya tidak hanya dalam pertandingan tapi juga di saat latihan dengan tim. Pemain yang baik akan menghargai waktu, menghargai pelatih, dan yang lebih penting menghargai rekan-rekannya yang terlebih dahulu datang tepat waktu latihan.

7. Hiburan (Entertainment)
Yang terakhir tentu saja futsal adalah olahraga yang menghibur. Banyak orang yang bermain futsal selain karena futsal adalah hobi mereka tapi juga adalah untuk menghibur diri mereka dari stress atau semacamnya. Dengan bermain futsal stress atau kejenuhan dalam beraktifitas sehari-hari bisa berkurang. Selain itu saat ini futsal telah menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin menikmati keindahan permainan futsal.

3 komentar:

  1. http://kostraredo.blogspot.com/2013/06/manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-para.html?showComment=1405355115361#c5741930276661106104

    BalasHapus
  2. informasinya bagus gan, jadi nambah ilmu baut ane, sekedar untuk berbagai bolehkah anu mmebagi arteikel ane seperti ini :
    obat gondongan
    Qnc jelly gamat
    obat luka diabetes
    mungkin bisa brmanfaat.. terima kasih gan..

    BalasHapus
  3. informasinya bagus sekali gan, lumayan nambah-nambah pengetahun, maaf seblumnya gan, bolehkah ane membagikan artikel ane di sini mungkin ada ygmau membacanya :
    penyebab infeksi kulit
    cara mengobati gatal menahun
    cara mengobati gatal di bokong
    itu artikel ane semoga bermanfaat.. terima kasih gan.

    BalasHapus