Rabu, 03 April 2013

MENENTUKAN NILAI MAKSIMUM DAN MINIMUM MENGGUNAKAN C++

Pada program ini, kita membuat suatu pemecahan masalah yang menggunakan konsep algoritma divide and conquer. Masalah tersebut adalah untuk menentukan nilai maksimum dan minimum dari bilangan yang telah dideklrasikan sebelumnya.

Pertama kali yang harus dideklarasikan adalah header conio.h dan stdio.h. header conio.h bertujuan untuk mendeklrasikan fungsi pembalikaan nilai setelah nilai tersebut telah diinput oleh perintah lain. Sedangkan stdio.h merupakan header untuk mendeklarasikan funsi-fungsi standar pada c++ seperti Printf untuk mencetak nilai dan scanf sebagai penginputan nilai.

Nilai variable global yang diinput terdiri dari nilai jumlah angka, nilai angka maksimum dan nilai angka minimum. Ketiganya dideklrasikan dengan perintah int jum,mxb,mnb yahg bertipe data integer. Kemudian setiap nilai diberikan nilai tabulasi sebanyak 10 digit.

Pada statement awal, programmer memberikan keleluasaan untuk memasukkan berapapun jumlah angka dengan menggunakan perintah for dan penggunaan statement i++ yang artinya data bisa bertamabh terus. Programmer memanggil var I yang telah dideklarasikan untuk dipanggil pada perintah awal dengan mengggunakan perintah scanf.

Pada statement untuk menentukan nilai maksimum atau minimum programmer memberikan suatu kondisi dengan menggunakan perintah if-else. Hanya saja perbedaannya pada blok statement mencari nilai maksimum menggunakan variable cekmx sedangkan untuk mencari nilai minimum menggunakan variable cekmn. Nilai dari masing-masing statement ditambahkan begitupula dengan variabelnya guna menyesuaikan kondisi yang telah dideklrasikan pada statement sebelumnya. Nilai yang telah dibuat dipanggil kembali untuk terus menjalankan eksekusi menggunakan perintah return.

Pada blok program utama, yang dilakukan adalah memberikan statement untuk memanggil, jumlah angka yang diinput, variable nilai maksimum dan variable nilai minimum dan fungsi getch() berguna untuk menutup header conio.h sekaligus pembalikkan nilai dari deklarasi statement global di awal program.

ini adalah listing programnya :




Ini output programnya :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar