Jumat, 08 April 2011

motherboard

motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
Komponen-komponen yang ada di dalamnya seperti mikroprosesor, coprosesor (opsional), chipset, memori, Basic Input Output System (BIOS), Expansion Slots (untuk hard disk, CD, ROM, Video Card, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang terkoneksi di dalamnya.
Komponen-komponen tambahan dapat dipasang pada expansion slots. Antar muka elektronik di antara motherboard dengan papan-papan yang kecil atau kartu terpasang dalam Expansion slot disebut bus. Chipset merupakan chip yang berfungsi sebagai perantara komunikasi antarbagian komponen seperti CPU, bus, memori, dan sebagainya. Setiap jenis motherboard memiliki chipset sendiri-sendiri yang merupakan ciri khas dari motherboard itu sendiri.

fungsi motherboard:
* Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
* Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain
* Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard

Cara kerja Motherboard

Dalam system computer, peripheral-peripheral akan saling terkoneksi di dalam mainboard dan dapat meneruskan instruksi melalui jalur-jalur pada board. Seluruh peripheral yang terkoneksi akan menjadi sebuah system computer yang utuh. Sementara fungsi mainboard pada umumnya adalah menyalurkan arus input dan arus data yang diperlukan pada jalannya proses di dalam computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar